z35W7z4v9z8w Teori Manusiawi dalam Kepemimpinan Pemerintahan
image1 image2 image3

Welcome To Demokrasi Style | Blog Artikel Ilmu Sosial Politik, Hukum dan Pemerintahan | Silahkan Klik "CONTINUE READING" Untuk Baca Artikel Selengkapnya|

Teori Manusiawi dalam Kepemimpinan Pemerintahan

Teori Manusiawi dalam Kepemimpinan Pemerintahan

Teori Manusiawi dalam kepemimpinan pemerintahan adalah teori yang pemimpinnya benar-benar merasakan bawahannya (baik rakyat maupun staf) sebagai manusia yang dapat dimotivasi kebutuhannya sehingga menimbulkan kepuasan kerja, untuk itu teori ini berkaitan dengan teori motivasi, yaitu Abraham Maslow, Douglas Mac Gregor, dan David Mac Clelland.

Abraham Maslow memotivasi orang lain dengan memenuhi tingkat kebutuhan dasar (basic needs) yaitu kebutuhan fisik, kebutuhan agar selalu aman, kebutuhan bermasyarakat, kebutuhan untuk dihormati, serta kebutuhan untuk mewujudkan diri. Uraian ini disampaikan Maslow dalam bukunya yang populer yaitu Motivation Personaliti (1959).

David Mac Clelland dan kawan-kawannya memorivasi orang lain dengan memenuhi tingkat kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk berkuasa, dan kemudian kebutuhan untuk berteman. Uraiannya ditulis dalam buku The Achievement Motive (1953) dan The Achieving Society (1961).

Douglas Mac Gregor memotivasi orang lain dengan melihat bakat dasarnya terlebih dulu yang terkenal dengan teori X dan Y, yaitu adanya manusia yang pada hakekatnya tidak suka bekerja, tidak berambisi, dan tidak bertanggungjawab oleh karena itu perlu didorong, kendati di lain pihak ada manusia yang mampu mengawasi dirinya sendiri, penuh inisiatif, kreatif yang sudah barang tentu di beri kesempatan.

Hanya kemudian muncul lagi teori Z yang dikemukakan oleh William G. Ouchi yang berasumsi bahwa produktifitas harus lebih dipandang sebagai suatu problem organisasi oleh karena itu perlu kerja sama tim yang handal. Bahkan produktifitas dapat di tingkatkan lagi lebih intensif bagi para bawahan melalui ancaman sanksi bagi pelanggar sedangkan pemberian penghargaan bagi yang berprestasi.


Baca lanjutan teori kepemimpinan pemerintahan:

Next : Teori Perilaku Pribadi dalam Kepemimpinan Pemerintahan

Preview : Teori Sifat dalam Kepemimpinan Pemerintahan




Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hukum - Demokrasi Style
Link exchanges
top blogs
top blogs

Copyrighted.com Registered & Protected  Q8QL-MQFB-FI1B-MGBT

Supardin Waly
AUTHOR DEMOKRASI STYLE

Nama saya Supardin Waly, Alumni FISIP UNPATTI Ambon, Saya berasal dari Masohi - Maluku Tengah.

Share this:

IKLAN SHOPING ONLINE

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork