z35W7z4v9z8w 3 Sistem perekonomian yang sesuai dengan Ideologi Indonesia
image1 image2 image3

Welcome To Demokrasi Style | Blog Artikel Ilmu Sosial Politik, Hukum dan Pemerintahan | Silahkan Klik "CONTINUE READING" Untuk Baca Artikel Selengkapnya|

3 Sistem perekonomian yang sesuai dengan Ideologi Indonesia

Perlu di ketahui bahwa Sistem perekonomian di setiap negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ideologi bangsa, sifat dan jati diri bangsa, juga struktur ekonomi. Sistem perekonomian ialah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.


Sistem Perekonomian


4 Sistem perekonomian yang pernah diterapkan Indonesia


Dalam kurun waktu tertentu sistem perekonomian Indonesia selalu berubah-ubah. Ada empat sistem ekonomi Indonesia yang pernah diterapkan di antaranya: (1) Indonesia pernah menggunakan Sistem ekonomi tradisional dimana rakyat menggunakan alat-alat tradisional untuk memenuhi kebutuhan mereka. (2) Sistem ekonomi Indonesia yang kedua ialah sistem ekonomi komando. Ciri-ciri dari sistem ekonomi ini adalah pemerintah memiliki tanggung jawab penuh terhadap perekonomian. (3) Sistem ekonomi yang ketiga ialah sistem ekonomi liberal atau pasar atau juga kapitalis. Ciri-ciri dari sistem ekonomi liberal ialah perseorangan bisa memiliki alat produksi sendiri namum ada pembagian kelas dalam masyarakat. Serta ada pula persaingan yang terjadi antar pengusaha. (4) Sistem Ekonomi Indonesia yang keempat ialah sistem ekonomi campuran. Sistem ini merupakan campuran dari sistem ekonomi komando dan liberal.

Sistem perekonomia Indonesia berdasarkan ideologi


Kalu kita melihat dari faktor ideologi, Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila. Ini artinya sistem perekonomian yang dijalankan di Indonesia semestinya berpedoman pada Pancasila. Sehingga secara normatif Pancasila dan UUD 1945 harus dijadikan sebagai landasaan sistem perekonomian di Indonesia.

3 Model Sistem Ekonomi yang cocok sesuai dengan landasan Indeologi Bangsa Indonesia


Indonesia mempunyai landasan ideologi yaitu Pancasila dan landasan konstitusional yaitu UUD 1945. Oleh karena itu, Sistem perekonomian Indonesia harus berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. Ada 4 (empat) sistem ekonomi yang sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia, diantaranya:

Sistem Ekonomi Demokrasi

Sistem ekonomi demokrasi ialah suatu sistem ekonomi dimana rakyat merupakan pelaku utama kegiatan ekonomi dalam suatu negara. 

Ciri-ciri sistem ekonomi demokrasi:
  • Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
  • Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
  • Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
  • Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
 
Dapat disimpulkan bahwa sistem ekonomi demokrasi sebagai suatu sistem perekonomian yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.

Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem ekonomi pancasila merupakan Sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat Indonesia. Beberapa prinsip dasar yang ada dalam sistem ekonomi pancasila tersebut antara lain berkaitan dengan prinsip kemanusiaan, nasionalisme ekonomi, demokrasi ekonomi yang diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan, dan keadilan. 

Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila:
  • Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara / pemerintah. Contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti air, bahan bakar minyak / BBM, pertambangan / hasil bumi, dan lain sebagainya.
  • Peran negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando. Kedua pihak yakni pemerintah dan swasta hidup beriringan, berdampingan secara damai dan saling mendukung.
  • Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat.
  • Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.
Jadi sistem ekonomi pancasila merupakan suatu sistem ekonomi yang memposisikan rakyat sebagai pelaku utama, memperhatikan sektor koperasi, dan mengembangkan kekuatan moral masyarakat.

Sistem Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan adalah sistem perekonomian yang di mana pelaksanaan kegiatan, pengawasannya, dan hasil dari kegiatan ekonomi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Atau definisi ekonomi kerakyatan yang lainnya adalah suatu sistem perekonomian yang dibangun pada kekuatan ekonomi rakyat, ekonomi kerakyatan yaitu kegiatan dari ekonomi yang dapat memberikan kesempatan yang luas untuk masyarakat dalam berpartisipasi sehingga perekonomian dapat terlaksana dan berkembang secara baik.

Ciri-ciri dari sistem ekonomi kerakyatan:
  • Yang menguasai kebutuhan hidup masyarakat adalah negara atau pemerintah negara tersbut. Misalnya seperti: bahan bakar minyak, air dan sumber daya alam yang lainnya.
  • Peran negara di ekonomi ini sangatlah penting akan tetapi tidak dominan, dan begitu juga perana dari pihak swasta yang posisinya memang penting akan tetapi tidak mendominasi juga. Sehingga tidak mungkin terjadi kondisi sistem ekonomi liberal ataupun sistem ekonomi komando. Kedua pihak tersebut yaitu pemerintah dan juga pihak swasta hidup berdampingan secara damai dan saling men-support satu sama lain.
  • Di dalam perekonomian ini masyarakat adalah bagian yang sangat penting, karena kegiatan produksi yang dilakukan, diawasi dan dipimpin oleh anggota masyarakat.
  • Buruh maupun modal tidak mendominasi perekonomian sebab ekonomi ini didasari atas asas kekeluargaan.

Sistem ekonomi kerakyatan merupakan suatu sistem ekonomi dimana rakyat tetap berperan sebagai pelaku utama, namun kegiatan ekonominya banyak didasarkan pada mekanisme pasar.

Ketiga sistem perekonomian ini cocok dengan kepribadian Indonesia yang mempunyai dasar ideologi Pancasila. Jika sistem ekonomi tersebut dilaksanakan dengan baik dan jujur, Indonesia pasti akan menjadi negara yang mempunyai tingkat ekonomi yang baik.




Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hukum - Demokrasi Style
Link exchanges
top blogs
top blogs

Copyrighted.com Registered & Protected  Q8QL-MQFB-FI1B-MGBT

Supardin Waly
AUTHOR DEMOKRASI STYLE

Nama saya Supardin Waly, Alumni FISIP UNPATTI Ambon, Saya berasal dari Masohi - Maluku Tengah.

Share this:

IKLAN SHOPING ONLINE

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork