z35W7z4v9z8w Pengertian Ilmu ekonomi / Definisi Ekonomi
image1 image2 image3

Welcome To Demokrasi Style | Blog Artikel Ilmu Sosial Politik, Hukum dan Pemerintahan | Silahkan Klik "CONTINUE READING" Untuk Baca Artikel Selengkapnya|

Pengertian Ilmu ekonomi / Definisi Ekonomi

Pengertian / definisi Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.


Pengertian Ilmu Ekonomi


MENGAPA ILMU EKONOMI PENTING UNTUK DIPELAJARI ?

Ilmu ekonomi sangat penting untuk dipelajari sebab keinginan manusia banyak ragamnya, dan selalu bertambah terus tidak ada habisnya. Selain itu Sumber Daya Alam (SDA) jumlahnya terbatas atau langka serta Sumber Daya Alam (SDA) sebagian besar tidak bisa digunakan secara langsung, harus diolah, diubah bentuk, jumlah dan dipindahkan.

APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PENGERTIAN ILMU EKONOMI DAN PENGERTIAN EKONOMI ?


Pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi dalam beberapa sumber membedakan keduanya, akan tetapi, dengan perkembangan zaman yang ada, dan perkembangan pengertian ekonomi itu sendiri, sudah banyak yang menyamakan pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi itu sendiri.

Simak ulasan Pengertian Ilmu ekonomi dan Pengertian Ekonomi dari berbagai pendapat para ahli dibawah ini !

PENGERTIAN ILMU EKONOMI MENURUT PARA AHLI


Menurut Prof . Paul . A . Samuelson
Ilmu Ekonomi merupakan suatu studi mengenai individu -individu dan masyarakat yang membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumber daya terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Menurut Sadono Sukirno
Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber

Menurut Mankiw
Memberikan pengertian ilmu ekonomi ialah Studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan langka”.

Van Zwijndregt, Albert J. Meyer
Memberikan pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan manusia.

Lionnel Robbins (Baron Robbins, 1923 dalam buku (Principles Of Economics))
Pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu yang berhubungan erat dengan aspek kelakuan manusia (aspects of human behavior) yang timbul karena kelangkaan alat-alat guna mencapai tujuan yang ada.

Frank Knight
Mengatakan, studi mengenai Ilmu Ekonomi yaitu studi mengenai cara bertindak ekonomis.

H. M. Croome adalah ilmu mengenai kelangkaan.

PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI


Menurut Abraham Maslow, Pengertian Ekonomi ialah salah satu dari bidang pengkajian dimana mencoba menyelesaikan masalah keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang ada dengan didasarkan pada prinsip dan teori tertentu di dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.

Paul A. Samuelson mengunkapkan Pengertian Ekonomi, ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh individu atau manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas atau langka untuk memperoleh berbagai barang produksi dan mendistribusikannya kepada masyarakat.

Pengertian Ekonomi menurut Mill J. S yaitu sains praktikal mengenai pengeluaran dan penagihan.

Menurut Aristoteles Pengertian Ekonomi adalah , Aristoteles membedakan antara Oikonomos dan Chrematisti. Menurutnya Oikonomos adalah menyelediki peraturan rumah tangga, dan Chrematisti adalah mempelajari peraturan-peraturan tukar-menukar. Pemikiran ini dapat disebut sebagai perintis jalan bagi berkembangnya teori ilmu ekonomi.

Menurut Adam Smith, Pengertian Ekonomi adalah  “Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya”.

Menurut J.B. Say Pengertian Ekonomi adalah “suatu kajian tentang peraturan yang menentukan kekayaan”.

Menurut J.S. Mill Pengertian Ekonomi adalah “suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran hasil negara”.

Menurut David Ricardo Pengertian Ekonomi adalah “suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat”.

Menurut F.A. Walker Pengertian Ekonomi adalah “suatu cabang ilmu yang berhubungan dengan kekayaan”.

Menurut Von Neumann dan Morgenstern Pengertian Ekonomi adalah “disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu”.

Menurut Samuekon Pengertian Ekonomi adalah “sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya”.

Menurut Ruenez Pengertian Ekonomi adalah “Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarananya yang terbatas yang memmpunyai berbagai macam fungsi”.

Menurut Alfred Marshall Pengertian Ekonomi adalah “Ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu”.

Menurut Paul A. Samuelson Pengertian Ekonomi adalah “studi mengenai bagaimana cara manusia dan masyarakat sampai pada pilihan (dengan atau tanpa uang) untuk menggunakan sumber-sumber ekonomi yang terbatas yang dapat mempunyai kegunaan-kegunaan alternatif untuk menghasilkan berbagai macam barang dan mendistribusikan untuk konsumsi baik sekarang maupun masa yang akan datang diantara berbgai orang dan golongan dalam masyarakat”.

Menurut Alfred W. Stonier Pengertian Ekonomi adalah ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok, yaitu :
  • Ilmu ekonomi deskriptif adalah, ilmu ekonomi mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi.
  • Teori ekonomi, adalah ilmu ekonomi memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu.
  • Ilmu ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh ekonomi teori untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.
Menurut Lipsey Pengertian Ekonomi adalah Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuha manusia yang tidak terbatas.

Menurut Rostow Pengertian Ekonomi adalah ekonomi terbagi dalam lima tahap Pertumbuhan, yaitu
1. Masyarakat tradisional
2. Prasyarat untuk tinggal landas
3. Tinggal landas
4. Dewasa (mastury)
5. Masa konsumsi missal

Menurut Willian Beveridge Pengertian Ekonomi adalah “suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material”.

Menurut Louis Cantori, Mendefinisikan ilmu ekonomi dari segi Islam, menurutnya ekonomi adalah : "masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter).

Menurut A. C. Pigou Pengertian Ekonomi adalah “satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup”.

Menurut Edwin Cannan Pengertian Ekonomi adalah “suatu studi yg bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kabajikan material”.

Menurut M. Akram Khan (pakar ekonomi Islam), Pengertian Ekonomi adalah “suatu ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.”

Menurut Lionel Robbins Pengertian Ekonomi adalah “suatu ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan (utility)”


Dari beberapa pengertian ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi diatas sudah jelas bahwa zaman sekarang, pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi dapat dikatakan sama. Walaupun beberapa ahli di bidang ekonomi masih beranggapan bahwa tidak dapat membuat sebuah definisi tentang ekonomi ataupun ilmu ekonomi yang tepat membatasi ekonomi itu sendiri dikarenakan cakupan dan aspek yang terdapat didalamnya. Hal inilah yang membuat dahulunya, ilmu ekonomi disebut sebagai ilmu ekonomi politik.

PRINSIP EKONOMI


Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

MOTIF EKONOMI


Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi.

Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  1. Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  2. Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.
 Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:

1. Motif memenuhi kebutuhan
2. Motif memperoleh keuntungan
3. Motif memperoleh penghargaan
4. Motif memperoleh kekuasaan
5. Motif sosial / menolong sesama

APA MANFAAT MEMPELAJARI ILMU EKONOMI ?


Manfaat mempelajari ilmu ekonomi ialah sebagai berikut:
1. Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik
2. Mengetahui lebih baik daripada tidak mengetahui
3. Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian
4. Bersedia, waspada dan berjaga lebih baik dan aman daripada tidak sama sekali
5. Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi
6. Mengetahui membuat lebih bijak daripada tidak

Demikian artikel tentang pengertian / definisi ilmu ekonomi serta perbedaan antara pengertian ilmu ekonomi dan pengertian ekonomi dari berbagai pendapat para ahli juga motif dan manfaat mempelajari ilmu ekonomi ”

DAFTAR RUJUKAN

- Inu Kencana Syafiie, 2011. Etika Pemerintahan. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
- Nurul Qamar, 2009. Pengantar Hukum Ekonomi. Penerbit Pustaka Refleksi: Makassar.
http://www.apapengertianahli.com/2015/07/pengertian-ekonomi-dan-pengertian-ilmu-ekonomi.html#
http://www.pengertianpakar.com/2015/02/pengertian-ekonomi-dan-ilmu-ekonomi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi
http://ilmuekono.blogspot.com/







Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hukum - Demokrasi Style
Link exchanges
top blogs
top blogs

Copyrighted.com Registered & Protected  Q8QL-MQFB-FI1B-MGBT

Supardin Waly
AUTHOR DEMOKRASI STYLE

Nama saya Supardin Waly, Alumni FISIP UNPATTI Ambon, Saya berasal dari Masohi - Maluku Tengah.

Share this:

IKLAN SHOPING ONLINE

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork